Peluang usaha syariah masih terbuka lebar - algoniaga.com

Peluang usaha syariah masih terbuka lebar


Foto by google


usaha syariah memang tidak hanya berfokus kepada perbankan/ industri keuangan saja tapi juga banyak peluang-peluang usaha lain yang bisa di geluti dengan sistem syariah. diantaranya;

1. pengadaan pesanan barang dengan sistem kredit murabahah/ istishna (supply contract) yang bertujuan untuk meminimalisir transaksi kredit RIBA.

2. usaha rumah pemotongan hewan berbasis syariah serta pengelolaan dan pensterilan hewan jalalah (hewan yang memakan pakan najis/ haram), sekaligus bertindak sebagai supplier (bisa berbeda perusahaan atau dalam satu PT) yang bertujuan agar pasokan daging halal bisa terpenuhi.

3. usaha jual jasa seperti jasa penjualan (broker syariah, afiliasi, reseller, dll) dengan syarat kontrak sebagai legalitas agar terhindar dari jual beli tanpa kepemilikan barang terlebih dahulu.

4. usaha pakaian syar'i bagi wanita dan pria tanpa menyediakan pilihan untuk pakaian yang tidak syar'i.

5. usaha dengan prinsip islami sebagai SOP (dengan syarat harus benar benar di terapkan bukan sebagai pencitraan). dll

sebenarnya masih banyak peluang lain yang bisa di jadikan referensi dalam menjalankan usaha, karena sejatinya syariah ada prinsip yang bisa di terapkan ke semua jenis usaha ( kec usaha haram).

sebagai catatan:
usahakan menerapkan sistem syariah seutuhkan pada lini usaha yang kita geluti,
jangan menjadikan syariah dan konvensional sebagai pilihan yang membuat konsumen harus memilih salah satunya, ini berdampak lambatnya pertumbuhan sistem syariah.
untuk itu semampunya kita tekan sistem konvensional dan kampanyekan sistem syariah.

Wallahu'alam