Tips memilih lokasi usaha - algoniaga.com

Tips memilih lokasi usaha

Setiap usaha yang di jalakan pasti memerlukan lokasi sebagai pusat operasi mencetak laba, pemilihan lokasi ini biasanya tergantung dari jenis usaha yang di geluti, karena sebenarnya lokasi usaha terkadang bisa menjadi goodwill atau potensi laba yang tak terwujud dan tak ternilai bagi sebuah perusahaan.
berikut adalah tips memilih lokasi usaha versi algoniaga.com


1. Lokasi padat penduduk
Sesuai namanya lokasi ini dihuni banyak sekali warga atau penduduk yang berkumpul dan melakukan aktifitas.
terbagi kepada beberapa kategori:

-Lokasi pasar
pasar biasanya menjadi tempat berkumpulnya penduduk dari berbagai tempat untuk melakukan aktifitas jual beli, dan aktifitas ini telah berlangsung sejak zaman dahulu.
Jenis usaha yang cocok di jalankan di lokasi seperti ini contohnya: Pertokoan kaki lima, wholesale, dll.

-Lokasi dekat pasar
Kalo ada yang bertanya mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar?
Itu karena sebenarnya lokasi ini lebih strategis dari hal keamanan dan kenyamanan dimana biasanya pasar di gambarkan sebagai lokasi yang ramai dan rawan tindak kejahatan serta agak sedikit kumuh, lain halnya dengan lokasi dekat pasar yang terkesan lebih leluasa bergerak dan tidak kumuh cocok untuk jenis usaha seperti perbankan syariah yang menargetkan pedagang pasar sebagai nasabah, transfortasi, ekpedisi, mall dll.

-Lokasi pemukiman
Lokasi ini adalah lokasi aktifitas warga sehari-hari dengan kebutuhan harian mereka.
Peluang menyediakan kebutuhan harian warga di pemukiman memungkinkan berjalannya sebuah usaha yang cocok bergerak di bidang: minimart, grosir, fotocopy, puskesmas, gerai makanan, dll.

-Lokasi wisata
Hampir setiap hari libur seperti weekend, hari besar, libur nasional, libur sekolah dll.
Lokasi seperti ini selalu di buru para wisatawan yang ingin berlibur melepas penat dari aktifiras harian mereka.
Ini menjadi peluang tersendiri bagi yang ingin membuka usaha toko oleh-oleh, gerai makanan, aksesoris, dll







2. Lokasi rendah penduduk
Maksud dari lokasi ini adalah dimana tempatnya cukup jauh dari jangkauan penduduk dikarnakan faktor internal dari jenis usaha yang di jalankan.
Seperti industri peternakan unggas yang jika di jalankan dekat perkampungan bisa menimbulkan bau yang cukup menyengat untuk itu lokasi rendah penduduk sangat cocok sebagai lokasi operasi bagi industri ini, ada juga usaha distributor, industri manufaktur, dll yang cocok dijalankan di lokasi rendah penduduk

3. Lokasi bebas
Ini cocok untuk mereka yang menjalankan usaha eniaga, ebusiness, ecommerence dll, tahap awal selain gratis dan juga tidak membutuhkan banyak biaya seperti sewa dll.
karena usaha ini bisa di jalankan dimana saja seperti google, amazon, dell yang tahap awala memulai usaha mereka di garasi rumah sebelum memutuskan membuat kantor besar.

Tinggal giliran kita memilih mana lokasi yang cocok untuk usaha kita, namun perlu di ingat sebenarnya lokasi manapun bisa kita diami untuk mencari rezeki hanya saja faktor internal dan external dalam proses ikhtiar yang mengharuskan kita mencari lokasi usaha yang tepat sebagai sarana usaha dalam mencari rezeki dari Allah SWT.

Hanya Allah SWT yang maha memberikan reseki dan keberkahan.
Semoga bermanfaat
Wallahu'alam

No comments:

Post a Comment