Pentingnya packaging bagi sebuah product - algoniaga.com

Pentingnya packaging bagi sebuah product

pernahkah kita memperhatikan kemasan sebuah prodak yang tampilan dan bentuknya semakin unik dan menarik?
bahkan di beberapa tempat terutama di kota besar berbagai prodak terutama makanan kini mengalami perkembangan model kemasan padahal dahulu kemasan gunanya hanya sekedar sebuah wadah pembungkus yang bertujuan menghindarkan prodak dari hal yang mampu mencemari kwalitasnya.
namun kini berbeda.
kemasan menjadi bagian dari prilaku ekonomi manusia yang tidak bisa di sepelekan, bahkan kegunaannya pun tidak sekedar hanya pembungkus prodak saja.

Informasi kadar gizi pada kemasan prodak

para pelaku usaha memanfaatkan media kemasan untuk branding, labeling, media iklan, informasi gizi pada prodak makanan, informasi spesifikasi untuk prodak teknologi tidak lain untuk menaikan nilai ekonomis prodak tersebut.
sebut saja salah satunya susu cair kemasan yang bisa lebih tahan lama dari biasanya tanpa media pendingin karena teknologi kemasannya yang sangat modern.
juga ada kudapan pisang topping yang sekilas hanya lah pisang cryspi dengan topping pada umumnya namun dengan kemasan yang menarik harganya pun ikut menyesuaikan.
artinya kreasi sebuah kemasan prodak mampu memberikan nilai tambah baik pada harga, kwalitas, maupun brand.
namun tentu saja dengan mengedepankan perhatian pada kesehatan serta keselamatan prodak dan user, karena tentunya kemasan yang baik tidak serta merta mengabaikan hal-hal tersebut.
Inovasi kemasan membuat prodak terlihat bernilai jual bagus

di perlukan ketelitian dalam memilih bahan untuk membungkus prodak karena tidak jarang reaksi kimia terjadi akibat tidak jelinya atau teledor dalam memilih bahan kemasaan.
atau ada juga ketidak jelian dalam mengemas tidak kedap udara yang mengakibatkan makanan yang di kemas mudah basi.

jadi bagi usahawan yang ingin mulai memikirkan jenis kemasan untuk prodaknya alngkah baiknya memperhatikan beberapa faktor:

1. desain model kemasan
untuk prodak apa kemasan ini di gunakan? makanan kah? barang non makanan kah?
yang pasti desain kemasan dapat mencerminkan sebuah prodak itu sendiri.

2. maksimalkan space
media pada kemasan bisa kita manfaatkan untuk berbagai informasi kepada user seperti brand, contact person, info gizi, slogan, promo dll.

3. pemilihan bahan
ini cukup penting mengingat prodak yang akan kita kemas bukan lah prodak yang tahan apapun terutama untuk makanan yang rentang oleh bakteri, reaksi kimia, mudah basi, dll.
jadi pilihan bahan untuk kemasan seteliti mungkin agar prodak yang akan kita kemas aman, menyehatkan dan tidak membahayakan.

semoga apa yang saya tulis bermanfaat.

No comments:

Post a Comment