Tips sebelum berhenti kerja ketika akan memulai usaha


bekerja sendiri atau berwirausaha tanpa bos yang suka  marah-marah atau sering menyuruh memang terdengar menyenangkan, tetapi untuk bisa seperti itu butuh kerja dan dedikasi tinggi.
jika kita serius untuk berusaha mewujudkannya, berikut inti berbagai tips dari financial edge
1. Analisa situasi keungan anda.
Langkah terpenting dalam memulai usaha sendiri adalah mengetahui pemasukan dan pengeluaran kita setiap bulan. termasuk dari mana sumbernya.
cobalah menghitung operasional pribadi dan bisnis saat awal akan di mulai atau hingga satu atau beberapa minggu kedepan agar finansial kita terlihat jelas .
2. Perhatikan stabilitas dan disiplin sendiri.
Langkah ini sebagai pembelajaran diri saat menjadi bos bagi diri sendiri.
apakah kita mudah marah? sulit berfikir ketika ada masalah? bagaimana sikap ketika menhadapi tekanan kerja? dll
karena pada tahap ini kita akan mulai memimpin mulai dari diri sendiri hingga dalam organisasi.
3. Rancang rencana kerja.
buat rencana kerja serinci mungkin karena ini adalah usaha yang akan menopang hidup kita.
4. Mulailah bekerja paruh waktu.
tidak mudah menjalankan usaha secara penuh saat masih dalam kondisi awal. untuk itu mulailah lakukan secara paruh waktu.
jika sebagian besar waktu kita berada di kantor maka ketika libur tiba itu saatnya menjalankan usaha kita tersebut.
itu karena saat awal usaha mungkin klien tidak akan sebanyak yang kita duga, untuk itu lakukan dua pekerjaan sekaligus akan sangat membantu dalam mengatur manajemen waktu.






5. Jalankan masa transisi.
Ketika jumlah klien mulai meningkat maka itu bertanda waktunya kita banyak meluangkan waktu untuk fokus, jika memungkinkan mintalah pada bos untuk mengurangi jam kerja kita sehingga dapat lebih fokus pada usaha pribadi.
jika tidak mungkin, berusahalah lebih keras sedikit lagi.
6. Siapkan kantor.
Segera setelah semua elemen siap, jadikanlah usaha kita legal, urus segala urusan administrasi termasuk hukum agar tidak ada yang menganjal di kemudian hari.
segeralah membuat pilihan untuk mengakhiri masa transisi, apakah kita siap menjalankan usaha pribadi atau masih ingin menjadi karyawan?
7. Jangan putus hubungan.
Ketika kita memutuskan resign dari kantor jangan berikan kesan yang buruk karena beberapa rekan kerja yang kita tinggalkan mungkin bisa membantu usaha kita kedepan, jadi jangan putus hubungan hanya karena kita resign.
8. Pastikan pekerjaan terus mengalir.
Mengusahakan pekerjaan terus mengalir sangat baik bagi kelangsungan usaha kita, mulai dari mencari klien sampai mendapat pendapatan setiap akhir bulan.
demikian tips yang dapat di share kali ini semoga bermanfaat.
Wallahu'alam
algoniaga.com
algoniaga.com

No comments:

Post a Comment