Manisnya usaha toko kelontong - algoniaga.com

Manisnya usaha toko kelontong






Di zaman yang serba modern ini toko kelontong masih bisa bertahan dengan baik mengingat minat masyarakat akan kebutuhan hariannya justru bisa dengan mudah di dapatkan disini. hampir setiap jalan-jalan di pemukiman warga selalu berdiri toko-toko eceran dan tidak jarang dengan jarak yang berdekatan dari mulai toko eceran sembako, toko khusus snack non sembako, bahkan grosir, ini membuktikan bahwa usaha toko kelontong terbilang cukup potensial apa lagi setelah grosir-grosir besar tempat berbelanja para usahawan kelontong kian banyak di temukan belum lagi banyak juga para sales yang datang dengan sendirinya ke toko untuk menawarkan prodak.
jika kita berminat untuk menbuka usaha ini, kita bisa mulai dengan lahan yang tidak terlalu besar misalkan 3×3m persegi pun sudah bisa, lalu tentukan apa yang hendak kita jual
(usahakan jual selengkap mungkin kebutuhan konsumen dengan stok yang tidak terlalu banyak di awal oppening toko, karena seiring berjalannya waktu penjualan barang akan mengkerucut dan kita akan tau mana barang terlaku dan tidak, baru setelah itu kita bisa mengatur stok barang sesuai kekuatan jual prodak tersebut).

usahakan juga untuk membuat laporan arus keluar masuk barang dan uang serta catat dengan rapi karena berguna untuk mengetahui nilai aset yang telah bergulir.
(sebesar atau sekecil apapun usahanya, buat lah laporan keuangan)
juga jangan lupa untuk menghitung zakat perdagangan saat usaha telah berjalan.
sebagai peringatan saja kendala dalam bisnis ini salah satunya adalah banyaknya bon dari konsumen yang menghambat perputaran modal, jadi untuk mengantisipasinya adalah;
1.Siapkan dana double sebagai modal tambahan sebagai antisipasi bilamana modal kita masih dalam bentuk tagihan.
2.Usahakan mimalisir pemberian piutang pada konsumen.
3.Cata dengan rapi setiap konsumen yang membeli dengan pembayaran piutang.
4.Berikan batas waktu pembayaran.
5.Berikan efek jera kepada konsumen yang macet pembayaran walaupun dampaknya dia tak lagi belanja ke toko kita.
Semoga apa yang saya tulis bermanfaat.
wallahu'alam
selamat mencoba.