Macam-macam resiko bisnis - algoniaga.com

Macam-macam resiko bisnis


"Resiko bisnis adalah segala hal mengenai dampak dari sebuah pengambilan keputusan atau langkah logis yang terencana atau tak terencana dalam bisnis."

setiap usaha yang hendak dimulai atau bahkan sedang berjalan pasti tidak dapat di pisahkan dari yang namanya resiko, karnanya segala upaya di lakukan oleh para pengusaha agar terhindar dari hal-hal yang mengancam usahanya.
salah-salah bukannya untung yang di dapat, tapi justru rugi yang berdampak kebangkrutan pada perusahaan.
seperti apa macam-macam resiko ini.
berikut adalah berbagai macam resiko bisnis versi algoniaga.com

1. Resiko persaingan
Persaingan merupakan hal wajar dalam dunia usaha, saling adu strategi dan saling bersaing antar perusahaan kecil maupun perusahaan raksasa menjadi hal yang biasa agar terhindar dari dampak resiko persaingan.
efek dari resiko ini dapat di rasakan ketika perusahaan menjadi lebih sepi dalam beroperasi dari pada kompetitor, atau prodak yang di tawarkan tak sehebat prodak mereka, maka berhati-hati jika sudah begitu besar kemungkinan perusahaan kita terkena dampak resiko persaingan.

2. Resiko kerja keras
Resiko ini terkadang sering di lupakan oleh para calon pengusaha padahal sejatinya ketika hendak memutuskan untuk terjun ke dunia usaha resiko ini secara otomatis harus menjadi keseharian mereka,
karena perbedaan antara sukses besar dan sukses sedang bukan pada bakat atau intelektualitas tapi pada ketekunan dan kemauan keras.

3. Resiko rugi
Kehilangan aset mungkin merupakan sebuah hal yang menakutkan bagi para pengusaha, itu karena di dalam dunia bisnis hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu untung dan rugi, masing-masing memiliki 50% keterwujudan.
karenanya tidak jarang pada CEO akan sangat marah bahkan bisa memecat kariawannya ketika resiko ini sudah mulai mengancam usahanya.






4. Resiko pasar yang naik-turun.
Nalusi seorang pengusaha harus diusahakan sangat sensitif dengan keadaan pasar yang seperti ini jika tidak ingin mengalami kerugian. setiap prodak terkadang terpengaruh terhadap situasi pasar ini, sebut saja harga sembako dan logam mulia yang selalu mendapat perubahan nilai.

5. Resiko strategis
Beberapa waktu kebelakang kita mungkin masih ingat perusahaan telepon genggam nokia berhasil merajai pasar telepon genggam dunia tetapi kini semua seolah tidak berarti setelah android berhasil menggeser kejayaan tersebut.
apa yang di lakukan nokia semua tidak lain karena nokia tidak menghiraukan resiko stratrgis terhadap perubahan zaman hingga mengakitkan perusahaannya nyaris bangkrut.

6. Resiko reputasi
Salah-salah memberikan pelayanan akan membuat usaha anda mendapat citra buruk, ketika reputasi menurun maka akan berdampak perusahaan banyak ditinggalkan pelanggan bahkan bisa mengalami kebangkrutan.untuk itu selalu berikan pelayanan terbaik adalah hal wajib bagi perusahaan yang ingin sukses agar terhindar dari dampak resiko ini.

7. Resiko kepatuhan
Hampir setiap wilayah memiliki aturannya masing-masing termasuk dalam menerima prodak dari sebuah perusahaan karena unsur kepatuhan.
sebut saja sertifikat halal MUI yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan makanan nasional atau multinasional di indonesia yang segmen pasarnya umum, ini merupakan resiko kepatuhan yang harus di patuhi perusahaan manapun di indonesia.

demikian berbagai macam resiko bisnis versi algoniaga.com semoga dapat membantu dalam memberikan informasi.

wallahu'alam