Bahaya bunga bank bagi kehidupan manusia - algoniaga.com

Bahaya bunga bank bagi kehidupan manusia

bunga bank adalah tambahan yang di peroleh dari layanan pertukaran barang ribawi lewat akad kredit dan jualbeli dengan berbagai inovasi.

adapun barang ribawi secara global terbagi pada alat tukar sah (emas, perak, dan uang)
dan komoditi tertentu (kurma, gandum kering dan basah, garam, juga beras dll yang termasuk kedalamnya).

Bank komersial merupakan lembaga keuangan yang paling banyak memperaktekan sistem bunga dari aktifitas pembiayaan keuangan, terutama pinjaman berbunga.
bagi umat islam bunga bank disebut RIBA dan di hukumi HARAM untuk dimanfaatkan dalam berniaga termasuk oleh semua agama samawi, riba termasuk dalam bunga bank mengandung unsur bahaya besar karena dapat mengakibatkan permusuhan juga dapat menghilangkan segala usaha, perdagangan, dan perindustrian.

tidak ada perputaran uang dalam sistem bunga  yang ada hanya uang melahirkan uang dan pertambahan ini tidak diikuti oleh pertambahan barang dan jasa hingga dapat berpotensi terjadinya inflasi terhadap ekonomi manusia.



sebagai ilustrasi saja:
kredit berbunga yang di berikan bank pada pelaku usaha akan secara otomatis berpengaruh pada harga modal produksi hingga menyebabkan kenaikan harga jual karena sejatinya kredit yang di terima pelaku usaha harus di bayar dengan tambahan bunga dan tambahan ini akan di bebankan kedalam harga modal untuk menutupi terjadinya penurunan nilai laba.





entah di sadari atau tidak, sebenarnya potensi inflasi yang disebabkan oleh bunga bank ini telah banyak di kampanyekan oleh para peraktisi ekonomi berbasis syariah diseluruh dunia bahkan sudah banyak pelaku usaha yang mulai melirik bank syariah untuk menyimpan dananya, selain itu juga kini banyak bank konvensional yang mengeluarkan prodaknya yang berbasis syariah.
yang masih menjadi kendala adalah pada pemahaman masyarakat tentang status tambahan itu sendiri antara riba/bunga dan laba masih di artikan sama padahal keduanya berbeda.
Untuk mencoba memahami perbedaan antara laba dan riba bisa buka link di bawah ini

Baca selengkapnya:
- bunga layanan konvensional lebih murah dari pada syariah
- perbedaan sistem RIBA, LABA, dan non-LABA

Semoga bermanfaat.

Sumber:
- Fiqh Perbankan Syariah: Fiqh Perbankan Syariah: 
Pengantar fiqh muamalat dan 
aplikasinya dalam ekonomi modern
- Ringkasan Fiqih Islam (4)
 ( Bab Mu'amalah)
- berbagai sumber


No comments:

Post a Comment