10 langkah yang dapat dilakukan sebelum memulai usaha



wirausaha menjadi pilihan alternatif para karyawan untuk menambah pendapatan selain gaji akibat dorongan kebutuhan ekonomi atau terlepas dari rutinitas kantor.
banyak orang yang mulai mempertanyakan keamanan pekerjaan mereka sekarang dibanding sebelumnya. ini juga menjadi salah satu timbulnya keinginan untuk berwirausaha.
untuk itu sebelum terjun ke dunia usaha ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum memulai usaha:
1. tentukan minat/ passion dan berdoa.
apa yang sebenarnya anda inginkan dan minati? mulailah dari hal-hal yang bisa di lakukan di waktu senggang, buat minat anda serinci mungkin dan jangan lupa dengarkan saran dari orang lain atau terdekat anda. apapun bentuknya, hal ini bisa mengajarkan baik buruk yang mungkin akan muncul saat awal-awal membuka usaha.
jangan lupa berdoa agar di berikan keteguhkan hati dalam berwirausaha serta selalu diberi jalan yang mudah dan berkah.
2. motivasi
carilah motivasi yang tidak hanya berorientasi pada uang semata, seperti nilai sosial dsb ini akan membantu anda agar lebih bertahan melewati tantangan dan tidak mudah putus asa.
3. sidejob
mulailah dengan memiliki pekerjaan sampingan, ini tidak hanya membuat anda menjalankan sebuah bisnis dengan resiko kecil, tapi juga sekaligus sebagai rencana cadangan jika suatu saat anda bermasalah dengan pekerjaan anda.
menurut survey yang dilakukan elance dari sebuah perusahaan freelance market, tiga dari sepuluh responden tetap bekerja di perusahaan sembari berwirausaha.
4. manfaatkan teknologi
jika dulu lokasi usaha menjadi halangan dalam menjual prodak, kini dengan teknologi anda bisa memasarkan prodak anda secara luas dari lokasi dimana saja.
contohnya media sosial dengan jaringan pertemanan yang lebih luas dapat memudahkan dalam mencapai user.





5. tambah teman/ network
ini merupakan bagian dari keberhasilan usaha anda karena dengan bertambahnya jaringan atau pertemanan anda akan lebih mudah dalam melakukan promosi.
6. mulailah dengan menjual
tidak sedikit orang yang mundur gara-gara prodaknya tidak laku, padahal ada beberapa kemungkinan kenapa prodaknya tidak laku di pasaran salah satunya adalah kurangnya keterampilan dalam menjual untuk itu memulai usaha dengan berjualan adalah cara agar lebih memgenal sial market dan user kita.
7. berhenti berencana dan bergaraklah
salah satu kesalahan besar calon usahawan adalah terlalu lama berfikir dan menyusun rencana, padahal yang di butuhkan adalah keberanian untuk menulai.






9. optimis
percaya diri dapat meningkatkan semangat ketika menjalankan usaha yang baru seumur jagung.
selalu melatih pola pikir yang optimis agar tidak mudah putus asa.
10. nikmati hasil kerja keras
sesekali ketika usaha anda sudah mulai menghasilkan maka cobalah untuk menikmati hasil dan berbagi kepada yang membutuhkan sebagai rasa syukur atas kemudahan dari Allah SWT.

Wallahu'alam
algoniaga.com
algoniaga.com