insfirasi usaha seorang azim premji sang pengusaha muslim

Foto by google



beberapa hal yang bisa kita ditiru dari sosok seorang Azim Premji.
terutama bagi para pengusaha dan calon pengusaha. Dalam bidang usaha bisnis, enterpreneur sejati ini menyarankan beberapa hal untuk bisa berhasil

 -Pertama, yaitu punya mimpi.

Mimpi menurutnya merupakan motivasi dari dalam diri kita yang paling berpengaruh. Prestasi besar yang diraih tercipta dua kali yaitu pertama di dalam mimpi (ide) dan kedua dalam wujud nyata.

 -Kedua, tetaplah konsisten meskipun rintangan menghadang.

Saat keadaan bertambah parah ada dua pilihan yaitu menyerah atau membiarkan kegagalan menjadikan Anda lebih kuat. Perbedaan antara sukses besar dan sukses sedang bukan pada bakat atau intelektualitas tapi pada ketekunan dan kemauan keras.

 -Ketiga, jangan pernah takut mengakui ketidaktahuan (kebodohan).

Selain kita harus mengetahui apa keahlian kita, kita juga harus tahu pada bagian apa kita kurang mahir. Seperti apa yang dikatakan oleh filsuf Socrates “ Semua yang saya tahu adalah yang tidak saya tahu (All I know is that I don’t know).” Selain karena kebijaksaan, orang akan menghormati Anda karena kejujuran (People will respect you for your honesty, if not your wisdom).

 -Keempat, berkontribusilah dalam segala situasi.

Satu-satunya cara untuk tetap belajar adalah dengan memberi kontribusi. Anda tidak harus menjadi pemimpin setiap saat. "Saat sekumpulan burung terbang jauh membentuk formasi, setiap burung akan bergantian memimpin di depan, sehingga tak satu burung pun yang terlalu lelah dan formasi akan tetap bisa dipertahankan." Setiap orang itu penting. Tidak masalah Anda itu memainkan violin, seruling atau drum, Anda tetap bagian dari sebuah orkestra.
Kepemimpinan sebenarnya bukanlah tentang menggerakkan kekuasaan tapi mengenai kontribusi. Dan itu akan terjadi kalau Anda menyadari bahwa kepemimpinan bukanlah hak istimewa (privilege) tetapi sebuah tangggung jawab.

 -Kelima, lakukan segala hal dengan target hasil yang sempurna (excellence).

Kesempurnaan tidak dapat diraih dengan sertifikat (ijazah) tapi lahir dari hasil semua usaha melakukan yang terbaik.

 -Keenam, selain menjalankan karir dengan serius, jangan bawa diri Anda terlalu serius juga.

Anda harus tertawa dan bercanda setiap hari.

 -Ketujuh, terimalah umpan balik (feedback) sekalipun itu berupa kritik
Dan terakhir, kemenangan bukanlah mengenai mengalahkan orang lain melainkan tentang merenggangkan keterbatasan kita.
Sekali kita merengganggkannya, kita akan tahu hal yang paling potensial dalam diri kita. Akhirnya perubahan itu bukan cuma keberhasilan menggapai dan menggunakan potensi diri tapi tapi juga mereka yang bekerja dengan kita.

wallahu'alam

Referensi foto:
https://www.google.co.id/search?q=inspirasi+usaha&client=tablet-android-asus&prmd=nvi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjFz-744ePXAhWEE5QKHZSoCZkQ_AUIFCgD&biw=600&bih=1024#imgdii=QOcwkEjD8ATJsM:&imgrc=QirEXx6KbW70kM:
algoniaga.com
algoniaga.com