Kitab suci umat - algoniaga.com

Kitab suci umat

Bismillah....
Pagi infonia, kemarin admin dapet pertanyaan dari salah seorang sahabat yang bertanya prihal kitab suci yang Allah SWT wahyukan salah satunya taurat.
Hmmh admin jadi penasaran makax cari info, ini yang admin dapet mudah-mudaan bermanfaat.
Kitab Taurat.
Kitab taurat atau Torah dalam bahasa Ibrani adalah lima kitab pertama Tanakh atau Alkitab Perjanjian Lama. Kitab Taurat dalam bahasa Yunaidini disebut Pentateukh.
Kitab Injil.
Injil (Yunani:/euangelion - "kabar baik" atau "berita baik" atau "berita suka cita") adalah istilah yang digunakan untuk menyebut keempat kitab pertama dalam Alkitab Perjanjian Baru. Kitab-kitab tersebut adalah: Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes. Kata injil sendiri berasal dari bahasa Arab.
Kitab Zabur.
Zabur (bahasa Arab: ) disamakan oleh sebagian ulama dengan Mazmur, yang menurut Islam, adalah salah satu kitab suci yang diturunkan sebelum Al-Qur'an (selain Taurat dan Injil). Istilah zabur adalah persamaan dengan istilah Ibranizimra, bermaksud "lagu, musik."
Al-Quran.
Al-Qur'an adalah wahyu Allah ( 7:2 ) yang berfungsi sebagai mu'jizat bagi Rasulullah Muhammad saw ( 17:88; 10:38 ) sebagai pedoman hidup bagi setiap Muslim ( 4:105; 5:49,50; 45:20 ) dan sebagai korektor dan penyempurna terhadap kitab-kitab Allah yang sebelumnya ( 5:48,15; 16:64 ), dan bernilai abadi. Dalam keempat kitab tersebut memiliki persamaan yaitu adalah sama-sama kitab Allah yang diturunkan sebagai wahyu.
Namun, dalam hal itu mempunyai perbedaan yang sangat jauh juga. Simak tulisan berikut ini.
Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s.
Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Kitab-kitab yang telah diturunkanNya sebelum Allah menurunkan Al-Quran, menggunakan bahasa yang sudah tidak ada sejak beberapa abad silam. Semua orang diatas bumi ini belum sempat ada yang menggunakan bahasa tersebut, kalaupun ada, hanya sedikit sekali orang yang mengerti. Akan tetapi, Al-Quran diturunkanNya menggunakan bahasa yang hidup, banyak orang yang ada di bumi mengerti akan bahasa itu. Dan sampai saat ini masih menjadi bahasa Arab Modern. Teks yang ada didalam ketiga kitab itu semuanya telah hilang, yang ada saat ini hanyalah salinannya saja. Namun pada Al-Quran, sampai saat ini tulisannya masih sama seperti pertama kali Nabi Muhammad mendapatkanya, tidak ada satu pun tulisan yang dirubah. Kitab-kitab suci yang ada dalam kalangan berbagai bangsa itu hanya ditujukan kepada suatu golongan manusia tertentu. Ajaran-ajarannya terutama perundang-undangannya dimaksudkan untuk menjalankan pada waktu tertentu pula, sesuai dengan kondisi dan tempatnya. Kini tidak butuhkan lagi dan tidak pula dapat dijalankan. Sedangkan Al-Quran semua perundang-undanganya dapat diamalkan oleh semua manusia pada kapan pun, dimana pun. Kitab Taurat, Zabur, Injil isinya sudah tercampur antara wahyu-wahyu Allah dengan ucapan-ucapan manusia. Sedangkan Al-Quran sejak zaman dahulu sampai sekarang isinya masih orisinil, kemurnianya dari isi Al-Quran akan terjaga terus sampai kapanpun.
Wallahu'alam
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment